Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motode Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 39 Lubuklinggau sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Teknik penelitian ini analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pembejaran Discovery Learning pada siswa kelas 4SD . Hal ini terlihat dari kemampuan siswa Siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 58.75 yang berada pada kategori rendah, Siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 65. yang berada pada kategori cukup. Pada Siklus III dengan nilai rata-rata sebesar 84.58 dan berada pada kategori tinggi sehingga sudah meningkat. Dengan demikian, metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini berimplikasi pada penerapan metode Discovery Learning yaitu, siswa berperan aktif dalam pembelajaran karena ketidakmampuan pada permasalahan siswa yang tidak fokus dan terkadang ribut dalam proses pembelajaran, pembelajaran bermakna, dan pembelajaran berpusat pada siswa