Strategi Pemanfaatan Rumah Produksi Bagi UKM

Authors

  • Wiwin Okta Fianti Upgris

Abstract

Perkembangan UMKM di Indonesia masih dihadapkan pada berbagai persoalan sehingga menyebabkan lemahnya daya saing terhadap produk impor. Persoalan utama yang dihadapkan UMKM, antara lain keterbatasan infrastruktur dan akses pemerintah.     Fokus masalahnya antara lain: Bagaimana eksistensi UKM saat rumah produksi beroperasi? Apa saja kendala pemanfaatan rumah produksi? Bagaimana persepsi dan minat pemilik atau pengelola UKM di Desa Banyumeneng untuk memanfaatkan fasilitas di rumah produksi? Bagaimana strategi pemanfaatan rumah produksi secara efektif dan efesien?.

Tujuan dari penelitian ini eksistensi UKM saat rumah produksi beroperasi, kendala saat pemanfaatan rumah produksi, persepsi dan minat pemilik atau pengelola UKM di Desa Banyumeneng untuk memanfaatkan fasilitas di rumah produksi, strategi pemanfaatan rumah produksi secara efektif dan efesien.

Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh eksistensi dalam rumah produksi terus mempertahankan produk olahan dari bahan dasar rebung yang memang mempunyai ciri khas tersendiri dalam olahan atau penyajiannya. Kesimpulannya para petani klaster terus memproduksi rebung dan kemudian di olah oleh para pelaku usaha.

Downloads

Published

2019-11-20