Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Modelling The Way Dan Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Roll Depan Di SMA Negeri 1 Welahan
Abstract
Masalah awal dengan peneletian ini adalah bahwa beberapa peserta didik di SMA Negeri 1 Welahan masih takut melakukan senam lantai roll depan. Pendekatan minimal yang digerakan oleh pendidik dengan tujuan memberikan pengetahuan yang mendukung keahlian roll depan. Maka sebab itu, Fokus studi ini yaitu untuk mencari paham apakah hasil pembelajaran peserta didik roll mengalami peningkatan ketika mereka menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe modelling the way dan tipe jigsaw di SMA Negeri 1 Welahan. Penelitian ini menerapkan eksperimen pendekatan kuantitatif , dan desain eksperimen ini menggunakan dua kelompok pretest dan posttest atau dengan desain riset tersebut ialah two group pretest posttest design. Riset ini melibatkan 180 siswa dari lima kelas, dan 74 siswa adalah sampel acak atau random sampling . Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. untuk kelas Modeling the Way adalah 0,013, yang berarti 0,013 kurang dari 0,05, dan nilai sig. untuk kelas Jigsaw 2adalah 0,00, yang berarti 0,00 kurang dari 0,05. Jadi, hipotesis Ha diterima dan hipotesis lainnya ditolak. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil dari belajar senam lantai roll depan dipengaruhi oleh model dengan cara belajar kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran modelling the way. Selain itu, terjadi peningkatan 9,6 % pada model pembelajaran modelling the way lebih rendah dibandingkan dengan peningkatan 14,9% pada model pembelajaran jigsaw.