Motivasi Mahasiswa Dalam Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa Bela Diri Karate di Universitas PGRI Semarang

Authors

  • Laela Maya faradita Upgris
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

motivasi karate

Abstract

Latar belakang penelitian ini dikarenakan keikutsertaan mahasiswa UKM beladiri karate di Universitas PGRI Semarang mengalami penurunan dari tahun ke tahun dengan jumlah pendaftar dan keaktifan anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi mahasiswa dalam mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa  beladiri  karate di Universitas PGRI Semarang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei dengan memfokuskan motivasi mahasiswa UKM beladiri  karate di  Universitas PGRI Semarang. Sumber data primer adalah pelatih beladiri karate, ketua UKM beladiri karate, dan peserta karate. Data pendukung dalam penelitian diperoleh dari pihak lain secara tidak langsung. Data ini dapat  berwujud dokumentasi  atau  data laporan  yang  telah  tersedia. Teknik pengambilan data menggunakan kuisioner, wawancara ketua UKM, dan wawancara pelatih.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi kepada mahasiswa dalam mengikuti UKM beladiri karate di UPGRIS dilakukan melalui proses latihan dan pemberian semangat melalui sharing. Selain itu, pemberian motivasi juga dilakukan melalui pembentukan grup WA untuk mengajak aktif mahasiswa dalam latihan. Adanya fasilitas yang baik, serta pengarahan atau penyuluhan. Motivasi mahasiswa dalam mengikuti UKM beladiri karate di UPGRIS diperoleh rata-rata sebesar 74% dalam kategori baik. Motivasi mahasiswa dalam mengikuti UKM beladiri karate supaya menambah pengetahuan dalam gerakan beladiri karate.

 

Kata kunci: motivasi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan beladiri karate

 

Downloads

Published

2019-11-20