Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Atmosphere Store Terhadap Kepuasan Pelanggan C’lanang Barbershop Dikecamatan Majenang Kabupaten Cilacap
Abstract
Khallan Bagus Pambudi “Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Atmosphere Store Terhadap Kepuasan Pelangggan C’lanang Barbershop dikecamatan Majenang Kabupaten Cilacap”, Progam Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di C’lanang Barbershop di kecamatan majenang kabupaten cilacap yang menyatakan bahwa harga yang mahal, promosi yang kurang aktif dilakukan, lokasi yang kuurang strategis dan Atmosphere store yang kurang lengkap. Kepuasan adalah respon seseorang Ketika menerima produk atau jasa kemudian harapanya telah terpenuhi atau terlampaui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, lokasi, dan Atmosphere store terhadap kepuasan pelanggann C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan C’lanang Barbershop. Sedangkan sampel yang digunakan pada peneitian ini sebanyak 167 responden kemudian diolah menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel harga terhadap kepuasan pelanggan C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi terhadap kepuasan pelanggan C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel lokasi terhadap kepuasan pelanggan C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Atmosphere store terhadap kepuasan pelanggan C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap. (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan harga, promosi, lokasi, Atmosphere store secara Bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap. Simpulan dalam penelitian ini bahwa harga, promosi, lokasi dan Atmosphere store berpengaruh sebesar 88,3% terhadap kepuasan pelanggan C’lanang Barbershop dikecamatan majenang kabupaten cilacap, sedangkan sisanya 11,7 % dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti.