PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU ROLE PLAYING DAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS XI MAN 2 PATI

Authors

  • Septian Dwi Cahyo Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitianl ini dilatarbelakangi oleh kurangnya metode pembelajaran yang terprogram terhadap kemampuan passingl bawah bolal voli kelasl XI MANl 2 Pati.  Passing bawah yang dilakukan oleh peserta didik MAN 2 Pati masih kurang sesuai dengan target yang telah Operan terbawah yang dilakukan siswa MAN 2 Pati masih belum sesuai dengan tujuan yang dituju, meskipun skornya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan PB, passing bawah bola voli, dan pembelajaran berbantuan video mana yang menghasilkan hasil belajar yang paling meyakinkan. Strategi pretest-posttest dua kelompok dan konfigurasi pra-percobaan adalah indikator tinjauan kuantitatif semacam ini. Mayoritas yang mengikuti penelitian adalah siswa kelas XI MAN 2 Pati. 52 siswa dari kelas XI IPA 5 dan XI IPS 5 dijadikan sampel review. Dalam ulasan ini, pengujian tidak teratur digunakan sebagai metode ujian. Data penelitian berasal dari penilaian yang diberikan oleh siswa. Hasil model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan role playing dan video-assisted discovery learning pada hasill belajar passingl bawah bolal voli dianggap berdistribusi normal jika taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Nilai kelas penanganan informasi eksplorasi senilai 0,000, yang lebih penting daripada atau setara dengan 0,05, menunjukkan bahwa informasi mengikuti penyampaian yang khas. Sedangkan penanganan data kelas kontrol memiliki nilai 0,002 yang menunjukkan bahwa data tersebut sering dikomunikasikan dan lebih menonjol dari atau sama dengan 0,05 atau 0,002 0,05. sehingga data bagaimana kelas eksperimen dan kelas kontrol diam-diam belajar passing bola voli denganl model PBL (probleml based llearning) danl video-assisted discovery learning berdistribusi normal. Temuan menunjukkan bahwa model pembelajaran penemuan dengan dukungan video memiliki dampak yang lebih besar. Dengan mendukung PBL (problem based learning) dengan bantuan video, rekomendasi yang dibuat dalam penelitian ini berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa terkait materi pembelajaran passing bawah bola voli.

Downloads

Published

2023-12-24