Manajemen Kelas Pendidikan Jasmani Sebagai Alat Pembentukan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Galih Dwi Pradipta Universitas PGRI Semarang
  • Umi Rachmawati FKIP Untidar

Abstract

Guru atau pendidik merupakan salah faktor utama penunjang keberhasilan jalannya proses kegiatan belajar-mengajar. Guru untuk bisa mengelola atau memanajeman kelas yang diampunya agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya secara efektif, efisien, aman dan lancar sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai secara optimal. Kemampuan mengajar dan kemampuan memanajemen kelas yang baik merupakan dua faktor yang tidak dapat dipisahkan. Keberhasilan seorang siswa dalam menangkap dan memahami mata pelajaran pendidikan jasmani yang dipelajarinya sungguh sangat ditentukan oleh suasana kelas yang kondusif di Sekolah Dasar. Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani, guru secara bertahap dapat memberdayakan siswa untuk mengembangkan sikap dan perilaku bertanggung jawab dalam kelas. Pendidikan jasmani juga mengajarkan kepada siswa untuk mendukung rekan satu tim, ikut berantusias, bermain adil dan sportif. Kelompok atau komunitas belajar akan ada ketika siswa merasa dihargai, saling membutuhkan, merasa dirinya didukung oleh guru dan teman sekelasnya, terhubung satu dengan yang lain dan berkomitmen untuk pembelajaran, pertumbuhan, kemajuan dan kesejahteraan siswa. Melalui pengelolaan kelas dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk anak sekolah dasar, merupakan cara yang dapat dilakukan dalam pembentukan karakter anak sekolah dasar.

Downloads

Published

2023-12-24