Tinjauan Kritis Perubahan Ideologi dan Paradigma Baru di Dunia Pendidikan bagi Generasi Millenial Saat Ini
Abstract
Perkembangan teknologi secara massif telah membawa perubahan bagi manusia dewasa ini. Era digital
merupakan istilah yang tepat untuk mewakili perubahan tersebut. Era ini juga menuntut pergeseran paradigma
dan sikap adaptif harus disesuaikan secara cepat. Selain itu, kondisi inilah yang mewajibkan masyarakat untuk
responsive terhadap berbagai informasi melalui media sosial. Kaum millennial khususnya harus selektif
terhadap peluang informasi yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi perubahan ideologi bahkan
perubahan paradigma secara komprehensif baik pada ranah sosial maupun ranah Pendidikan. Pembelajaran
secara digitalpun menjadi tantangan yang menarik saat ini, dimana generasi muda harus “melek literasi digital”
agar kesiapan terhadap perubahan dapat diantisipasi sejak dini. Maka, generasi millennial seharusnya mampu
menjadi generasi yang lebih terbuka terhadap perubahan namun juga mampu menjaga norma dan rasionalitas
pendidikan dikemudian hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
pedagogi kritis Paulo Freire. Unsur metodis yang digunakan; pertama, interpretrasi mencoba memberikan
gambaran kritis terhadap perubahan paradigma pendidikan saat ini. Kedua, deskripsi merupakan proses
argumentasi penulis terhadap perubahan paradigma di dunia Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
memberikan pandangan argumentatif melalui pemikiran Paulo Friere dalam mengungkap kompleksitas
perubahan yang harus dipersiapkan generasi muda di era digital.