Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Wonoroto

Authors

  • Rahardian Damarjati

Abstract

Penelitian dilatar belakangi dikarenakan siswa yang belum memahami teknik gerakan dasar servis bola voli, kebiasaan guru yang memberikan materi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional, dan kurang semangat dari para siswa dalam mengikuti pembelajaran dikarenakan guru hanya memberikan intruksi secara langsung, hasil nilai pembelajaran servis bawah bola voli menunjukkan siswa yang berjumlah 25 anak terdapat 12 siswa yang masih dibawah KKM (75).

Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan diskriptif kuantitatif dan desain one group pre-test – post-test design. Populasi yang akan diteliti merupakan siswa kelas V SDN 1 Wonoroto, dengan sempel berjumlah 25 siswa. Instumen yang digunakan pada penelitian ini berupa penilaian tes servis bawah pada permainan bola voli. Analisi statistic data menggunakan Uji-t.

Hasil penelitian dengan gunakan model pembelajaran problem solving yang mendalam tes servis bawah bola voli, mengalami peningkatan sebesar 8,76%. Mengacu pada hasil mean pretest sebesar 75,6000 meningkat menjadi posttest sebesar 84,3600. Uji hipotesis Paired Sample T-Test berpasang pada data pretest dengan posttest didapatkan nilai Sig. (0,000) < ɑ (0,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil data tersebut terdapat kesimpulan bahwa adanya adanya efektivitas asal contoh pembelajaran problem solving  terhadap hasil nilai  servis bawah olahraga bola voli siswa kelas V SD Negeri 1 Wonoroto.

Downloads

Published

2023-12-24