KEEFEKTIFAN PENINGKATAN KETRAMPILAN PASSING BAWAH DAN PASSING ATAS PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI BERBASIS APLIKASI ANDROID DI SMK 5 N SEMARANG

Authors

  • Feri Arif Bachtiar Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Bola Voli, Passing bawah, Passing atas, Android

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan media pembelajaran yang menggabungkan antara dunia digital, buku, dan pendidikan jasmani. Siswa dapat belajar melalui smartphone yang dimiliki siswa tanpa harus membawa buku, maka dengan adanya media pembelajaran olahraga berbasis aplikasi android ini diharapkan mampu menarik minat siswa maupun orang umum untuk mempelajari teknik–teknik dalam permainan bola voli, sehingga dapat meningkatkan ketrampilan dalam bermain bola voli.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain peneltian ini menggunakan metode quasi experimental design atau penelitian semu. Desain penelitian eksperimen ini dilakukan pada satu kelompok eksperimen (X TKJ 2) dan kelompok kontrol (X TKJ 3). Pemilihan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling di kelas X SMK N 5 Semarang.

Hasil penelitian terdapat peningkatan hasil belajar ketrampilan passing bawah dari pretest ke postest kelas eksperimen (X TKJ 2) sebesar 4,28%. Berasal dari rata-rata pretest 70,019 (47,86%) naik menjadi rata-rata posttest 76,278 (52,14%) Sedangkan Peningkatan hasil belajar ketrampilan passing atas dari pretest ke postest kelas eksperimen (X TKJ 2) sebesar 5,95%. Yang berasal dari rata-rata pretest 67,934 (47,02%) naik menjadi rata-rata posttest 76,538 (52,98%). Berdasarkan peningkatan rata-rata tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android efektif meningkatkan hasil belajar ketrampilan passing bawah dan passing atas bola voli di SMK N 5 Semarang.

Downloads

Published

2019-11-20