Pengaruh Permainan Modifikasi Throw Catch Ball Terhadap Minat Gerak Siswa di SMP N 1 Mejobo Kudus

Authors

  • Veri Ermawati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Minat Gerak, Permainan Modifikasi, Throw Catch Ball, Siswa Kelas VII Di SMP N 1 Mejobo Kudus, One-Group Pretest-Posttest Design.

Abstract

Peneliti memiliki tujuan penelitian untuk megetahui apakah permainan modifikasi Throw Catch Ball berpengaruh terhadap minat gerak siswa kelas VII SMP N 1 Mejobo Kudus.

Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling yang terdiri dari satu kelas, yaitu VII A sebagai kelas (eksperimen) menggunakan permainan modifikasi Throw Catch Ball jumlah siswa sebanyak 32.

Hasil penelitian pretest angket kebutuhan siswa yaitu 7,90 dan posttest tanggapan siswa 12,27 sehimgga terdapat pengaruh pada permainan Throw Catch Ball pada siswa kelas VII A di SMP N 1 Mejobo Kudus, dengan nilai minimum 5,00 dan maxsimum 10,00 dan std. devisiation sebaran datanya sebesar 1,398.

Maka hal ini dapat disimpulkan bahwa data mengalami peningkatan artinya menggunakan permainan modifikasi Throw Catch Ball berpengaruh untuk meningkatkan minat gerak pada siswa kelas VII di SMP N 1 Mejobo Kudus. Saran dalam penelitian ini adalah model permainan modifikasi Throw Catch Ball dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan minat gerak pada siswa.

Downloads

Published

2019-11-20