PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI GAME PUBG MOBILE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA SISWA KELAS VII DI SMP NU LASEM

Authors

  • Dani Santosa Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Media, Audio Visual, Hasil Belajar, Kognitif, Game PUBG Mobile

Abstract

Penelitian bertujuan megetahui pembelajaran menggunakan media audio visual melalui Game PUBG Mobile berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran renang gaya dada siswa kelas VII SMP NU Lasem.

Penelitian menggunakan true experimental design bentuk pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan cluster random sampling terdiri dari kelas, VII A (eksperimen) menggunakan model pembelajaran menggunakan media audio visual melalui Game PUBG Mobile jumlah siswa sebanyak 23 dan VII B (kontrol) menggunakan model pembelajaran ceramah dengan jumlah siswa sebanyak 23. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t.

Hasil penelitian pada kelas eksperimen pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan, hasil belajar kognitif siswa diperoleh pretest 15,65 dan posttest 20,13 meningkat 12%.

Disimpulkan data mengalami peningkatan pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Namun diketahui penggunaan media audio visual melalui Game PUBG Mobile meningkat signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol dengan penggunaan metode ceramah, artinya menggunakan media audio visual melalui Game PUBG Mobile berpengaruh hasil belajar kognitif pada siswa kelas VII di SMP NU Lasem. Saran penelitian adalah penggunaan media audio visual melaluia Game PUBG Mobile dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa.

Downloads

Published

2019-11-21