PERBANDINGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPT DENGAN GAME E-LEARNING KAHOOT DALAM PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA 1 NEGERI BAE KUDUS 2019

Authors

  • Miftahul Arif Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Kata kunci: pembelajaran, media pembelajaran, partisipasi, media PPT, game E-learning kahoot

Abstract

 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui partispasi siswa terhadap perbandingan media pembelajaran PPT dengan game E-learning kahoot pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 BAE Kudus. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPS yang ada di SMA Negeri 1 BAE Kudus. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel data ini berjumlah 136 responden didistribusikan secara langsung menggunakan teknik probability sampling dan cara menentukan sampelnya menggunan teknik Cluster random sampling, kemudian diolah menggunakan SPSS. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan bahwa adanya perbedaan partisipasi siswa kels X IPS 1-4 dalam pembelajaran ekonomi ketika menggunkan media game e-learning  kahoot dengan nilai mean yaitu sebesar 117,80 lebih besar dari nilai mean dalam penggunaan media pembelajaran PPT yakni sebesar 99.57. sehingga dapat dikatakan media pembelajaran game e-learning kahoot dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran ekonomi. diperoleh nilai Sig.(0,000) < α (0,01) yang berarti Ha ditolak artinya Ada perbedaan yang signifikan ketika penggunaan media pembelajaran game e-learning kahoot terhadap partisipasi pembelajaran ekonomi, Dibandingkan menggunakan media pembelajaran PPT terlihat

 

 

Downloads

Published

2019-11-20