PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD), DANA ALOKASI UMUM (DAU) DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO DI PROVINSI JAWA TENGAH

Authors

  • Tangkas Dwi Prakoso Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Tenaga Kerja, Produk Domestik Regional Bruto

Abstract

Tangkas Dwi Prakoso, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Tenaga Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Jawa Tengah.

Penelitian ini dilatar belakangi jumlah PDRB provinsi jawa tengah yang kalah dibandingkan oleh Provinsi-provinsi Lain. Mengingat Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam dan industri yang berkembang.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisi pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Tenaga Kerja terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Provinsi Jawa Tengah.

Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dan cross section untuk 35 Kabupaten atau Kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan yaitu berupa data sekunder yang di ambil dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto. Dana Alokasi Umum (DAU) berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto. Tenaga Kerja berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto. dan dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Tenaga Kerja berpegaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto yang merupakan variabel Terikat.

Downloads

Published

2019-11-20