PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, KONSEP DIRI DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF
Keywords:
Penggunaan Media Sosial, Konsep Diri, Financial Literacy, Perilaku Konsumtif.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menguji pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas PGRI Semarang, 2) Menguji pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas PGRI Semarang, 3) Menguji pengaruh financial literacy terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas PGRI Semarang, 4)Menguji pengaruh peggunaan media sosial, konsep diri dan fianancial literacy terhadap perilaku konsumtif mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas PGRI Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif. Obyek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas PGRI Semarang dengan sampel 81 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan langsung kepada responden yaitu mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial : 1) Penggunaan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 2) Konsep Diri berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 3) Financial Literacy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. 4) Penggunaan Media Sosial, Konsep Diri, dan Financial Literacy secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.