ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PJOK SMP BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI KABUPATEN BANYUMAS
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan hasil Dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada guru PJOK, ada hal yang membuat para guru masih mengalami kesulitan dalam menyusun RPP. Salah satunya adalah masih belum memahami sepenuhnya Kata Kerja Operasional (KKO) yang termasuk ke dalam HOTS. Mereka masih ada yang belum hafal kata kerja operasional mana yang akan mereka gunakan. Mulai kategori LOTS, MOTS, dan HOTS, belum sepenuhnya mereka hafal dan pahami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK SMP Berbasis (HOTS) di Kabupaten Banyumas. Metode peneliitan yang digunakan dalam penelitian menggunakan Penelitian kualitatif penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Hasil penelitian menunjukkan: yang dilakukan pada RPP PJOK pada delapan SMP di Sub Rayon V Kabupaten Banyumas, KKO yang digunakan pada RPP sudah menunjukkan kategori HOTS. Sesuai dengan pembelajaran abad-21 yang mengharapkan berpikir tingkat tinggi atau berpikir kritis. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Pada RPP, Kata Kerja Operasional (KKO) yang digunakan sudah mulai dari C4, C5, dan C6 dalam ranah kognitif. Sedangkan, pada ranah psikomotor terdapat KKO P3 dan P5 yang menunjukkan HOTS. Saran Hendaknya diadakan pelatihan-pelatihan tentang menyusun RPP yang sesuai dengan komponen RPP berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) .