PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN PERSAINGAN TERHADAP PENJUALAN ROCKET CHICKEN JALAN GAJAH RAYA SEMARANG

Authors

  • Devas Aprianta Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pemasaran, Harga, Promosi, Persaingan, Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh harga, promosi, dan persaingan terhadap penjualan Rocket Chicken Jalan Gajah Raya Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Subyek penelitian yaitu konsumen Rocket Chicken Jalan Gajah Raya Semarang. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden didistribusikan  secara langsung menggunakan teknik nonprbability sampling, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, promosi, dan persaingan berpengaruh terhadap penjualan Rocket Chicken Jalan Gajah Raya Semarang. Hal itu dibuktikan dengan variabel harga memperoleh nilai thitung sebesar 6,100 , promosi sebesar 3,494 dan persaingan sebesar 4,241 lebih besar dari nilai ttabel  1,986. Selain itu, nilai signifikansi variabel harga 0,000 , promosi 0,001 dan persaingan 0,000 yang berarti H1, H2,dan H3 diterima yang berarti harga, promosi dan persaingan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan Rocket Chicken Jalan Gajah Raya Semarang. Pada uji F nilai harga, promosi, dan persaingan  menunjukkan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan Rocket Chicken Jalan Gajah Raya Semarang. Hal itu ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 <  0,05 maka H4 diterima yang berarti secara bersama-sama variabel independen mempengaruhi Penjualan dengan persentase 66,3 % dilihat dari nilai R squere.

Downloads

Published

2019-11-20