efektivitas metode permainan pemanasan untuk meningkatkan minat siswa SMP Muhammadiyah 08 Limbangan

Authors

  • Arivian Noor Cahyo Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Efektivitas, Metode, Permainan Pemanasan, Minat Siswa.

Abstract

Arivian Noor Cahyo “Efektivitas Metode Permainan Pemanasan Untuk Meningkatkan Minat Siswa SMP Muhammadiyah 08 Limbangan ” Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2019.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 08 Lmbangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode permainan pemanasan untuk meningkatakan minat siswa SMP Muhammadiyah 08 Limbangan.

Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-posttest Design. Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Sanpel dari penelitian ini yaitu Kelas IX SMP Muhammadiyah 08 Limbangan yang berjumlah 19 siswa. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test.

Berdasarkan hasil perhitungan data yang di peroleh hasil nilai rata-rata untuk pretest 54,2105 (54%) dan hasil rata-rata posttest 79,1053 (79%), oleh karena itu didapat selisih nilai pretest dan posttest 24,8948 (25%). Berdasarkan hasil analisis data dengan uji paired sample t-test menunjukan bahwa nilai signifikan (0,000) lebih kecil dari nilai alpha (5%) atau 0,05. Sehingga dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Jadi dapat disimpulkan bahwa metode permainan pemanasan efektif meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran penjas. Hal ini disebabkan karena adanya indikator (1) perasaan, (2) perhatian, (3) keterlibatan, (4) ketertarikan. Saran, siswa diharapkan berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dan guru dapat menggunakan metode permainan pemanasan dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Downloads

Published

2019-11-20