Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan di Bengkel AHASS Surya Cipta Pratama Semarang

Authors

  • Galuh Ratna Kusuma Putri Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Universitas PGRI Semarang
  • Valdyan Drifandra Universitas PGRI Semarang

Keywords:

persepsi harga, kualitas pelayanan, emosional pelanggan

Abstract

Galuh Ratna Kusuma Putri, ”Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan di Bengkel Ahass Surya Cipta Pratama Semarang”. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang 2019.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah faktor persepsi harga, kualitas pelayanan, emosional pelanggan  mempengaruhi loyalitas pelanggan di Ahasss Surya Cipta Pratama. Tujuannya untuk menguji dan menganalisis faktor persepsi harga, kualitas pelayanan, emosional pelanggan  mempengaruhi loyalitas pelanggan di Ahass Surya Cipta Pratama Semarang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi seluruh pelanggan bengkel Ahass Surya Cipta Pratama Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Kemudian diolah menggunakan software IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh faktor persepsi harga mempengaruhi kepuasan pelanggan di Ahass Surya Cipta Pratama. (2) Ada pengaruh faktor kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Ahass Surya Cipta Pratama. (3) Ada pengaruh faktor emosional pelanggan mempengaruhi kepuasan pelanggan di Ahass Surya Cipta Pratama. (4) Ada pengaruh faktor persepsi harga, kualitas pelayanan, emosional pelanggan  mempengaruhi loyalitas pelanggan di Ahasss Surya Cipta Pratama.

Author Biographies

Endang Wuryandini, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Ekonomi

Valdyan Drifandra, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Ekonomi

Downloads

Published

2019-11-21