PENGGUNAAN GADGET DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DENGAN PENGAWASAN ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING

Authors

  • eliya riyanti UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, Kedisiplinan Siswa, dan Pengawasan Orang tua

Abstract

EliyaRiyanti, NPM 15220085. Penggunaan Gadget dan Interaksi Sosial terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah dengan Pengawasan Orang Tua Sebagai Variabel Interverning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di sekolah yang menyatakan bahwa penggunaan gadget siswa cukup tingggi dan Angka keterlambatan siswa di sekolah masih cukup tinggi.

                 Tujuan Penelitian ini adalah : 1) Menguji pengaruh penggunaan gadget terhadap kedisipinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua tinggi, 2) Menguji pengaruh penggunaan gadget terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua rendah, 3) Menguji pengaruh interaksi sosial terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua tinggi, 4) Menguji pengaruh interaksi sosial terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua rendah, 5) Menganalisis pengaruh penggunaan gadget dan interkasi sosial terhadap kedisipilinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua tinggi, 6) Menganalisis pengaruh penggunaan gadget dan interkasi sosial terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua rendah.

                 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (Angket).Populasi penelitian ini adalah sebesar 130 peserta didik. Data tersebut di peroleh dari angket yang diberikan kepada responden yaitu pesersta didik kelas XI IPS1, 2, 3, dan 4 di SMA PGRI 01 Pati. Sebanyak 98 Peserta didik yang digunakan sbagai sampel.

            Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) penggunaan gadget berpengaruh signifikan positif terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua tinggi, 2) penggunaan gadget berpengaruh signifikan negatif terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua rendah, 3) Interaksi sosial berpengaruh signifikan positif terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua tinggi, 4) Interaksi sosial berpengaruh signifikan positif terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua rendah, 5) Pengaruh penggunaan gadget dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua tinggi. 6) Pengaruh penggunaan gadget dan interaksi sosial berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa di SMA PGRI 01 Pati jika pengawasan orang tua rendah

Downloads

Published

2019-11-21