UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENJAGA NKRI BAGI MASYARAKAT KOTA PANGKALAN BUN, KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Irvan Mahendra Universitas PGRI Semarang

Abstract

Abstrak

Upaya Penguatan Pendidikan Politik Dalam Menjaga Nkri Bagi Masyarakat Kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah,Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. 2019.Pendidikan politik sebagai bagian dari pendidikan orang dewasa, diarahkan pada upaya membina kemampuan untuk mengaktualisasi diri sebagai pribadi yang bebas otonom dan pada sosialisasi diri (pengembangan dimensi sosialnya) dalam kaitanyya dengan kedudukannya sebagai warga negara disuatu negara.

Jenis Penelitian yang digunakan yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau perubahan pada variabel bebas, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya (Sukmadinata, 2013:73).

Hasil penelitian, 1).Sosialisasi pendidikan politik dalam menjaga NKRI bagi masyarakat kota Pangkalan Bun.2). Pendekatan KPU, KESBANGPOL, dan Partai Berkarya mengenai pendidikan poltik dalam menjaga NKRI di mayarakat kota Pangkalan Bun.3). Dorongan atau Motivasi kepada masyarakat kota Pangkalan Bun mengenai pendidikan politik dalam menjaga NKRI. Melalui KPU, KESBANGPOL, dan Partai Berkarya.4). Metode yang dilakukan KPU, KESBANGPOL, dan Partai Berkarya tentang pendidikan politik dalam menjaga NKRI di kota Pangkalan Bun.5). Hambatan peguatan pemahaman pendidikan politik dalam menjaga NKRI di masyarakat.

Downloads

Published

2019-11-21