Manajemen Pembelajaran komputer akuntansi perusahaan dagang kelas XI di SMK PGRI Tegal

Authors

  • vuthymal juveni Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Computer Learning Management, MYOB, Learning Implementation Plan, Annual Program, Semester Program

Abstract

Abstract

The purpose of this research is to describe the planning, implementing, evaluation and development learning process of MYOB subject in XI class at PGRI Tegal Vocational High School. This research used a descriptive method with qualitative approach. The subjects of this research are headmaster, curriculum representative, subject teachers, and learners. Data obtained from this research related to the school’s history and the condition inside the school. Data collection techniques in this research are interview, observation and documentation. Data collection instruments used in this research are interview guideline, observation sheet, and documentation guideline. Data validation techniques used are source and method triangulations. Data analysis used in this research are data reduction, data presentation and conclusion. The research’s results showed that the learning management at PGRI Tegal Vocational High School is well organized and neatly arranged by having a Learning Implementation Plan (LIP) and syllabus, annual program and semester program. The learning’s preparations have been done well such as the MYOB trading company learning plan (prepare the learning material that will be taught by the MYOB’s teacher and determine the target to be achieved), the MYOB’s learning implementation and evaluation.

Keywords: Computer Learning Management, MYOB, Learning Implementation Plan, Annual Program, Semester Program

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan pembelajaran mata pelajaran MYOBkelas XI di SMK PGRI Tegal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru mata pelajaran, dan pesertadidik. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data tentang sejarah sekolah serta kondisi yang berada di dalam sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan panduan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan model interaktif.Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran di SMK PGRI sudah tersusun dengan baik dan tersusun rapi dengan sudah mempunyai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus,program tahunan dan program semester.Persiapan-persiapan dalam pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, antara lain perencanaan pembelajaran MYOB perusahaan dagang (menyiapkan materi pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru MYOB dan menentukan target yang akandicapai), pelaksanaan pembelajaran MYOB dan evaluasi pembelajaran MYOB.

Kata kunci: Manajemen Pembelajaran Komputer, MYOB, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Program Tahunan, Program Semester

 

Downloads

Published

2019-11-20