PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI BERBASIS ANDROID PADA PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KOTA SEMARANG

Authors

  • Tri Gustoro Adi Universitas PGRI Semarang

Keywords:

bola voli, media pembelajaran, Pengembangan (Research and Development / RnD), Android, VL (Volly Learning), ahli materi, ahli media, SMK Negeri se-Kota Semarang

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil observasi guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Pembelajaran belum ada variasi sehingga menyebabkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Karena kurang mengoptimalkan media, maka guru pada perannya harus bisa membangkitkan siswa dengan berpikir kreatif dan inovatif dalam pemilihan media pembelajaran guna menunjang kualitas proses belajar mengajar sehingga pembelajaran dapat secara efektif maka aspek kognitif, aspek afekif dan aspek psikomotorik dapat tercapai.

 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan melalui tahapan sebagai berikut : analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap pengembangan produk sebelumnya di validasi oleh ahli materi dan ahli media, setelah di nyatakan layak produk di uji cobakan kepada siswa kelas X SMK Negeri se-kota Semarang. Data dikumpulkan melalui angket, lalu dianalisis dalam bentuk presentase.

Hasil validasi ahli materi sebesar 97% dengan kategori “sangat layak” dan ahli media sebesar 69% dengan kategori “layak”. Hasil penelitian terhadap responden yaitu siswa SMK Negeri se-Kota Semarang, tahap pertama yaitu skala kecil dengan jumlah 5 kelas memperoleh presentase sebesar 90,17% dengan kategori “sangat layak”, dilanjutkan ke tahap kedua yaitu skala besar dengan jumlah 11 kelas memperoleh presentase sebesar 90,94% dengan kategori “sangat layak”. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk VL (Volly learning) layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2019-11-20