Pengaruh Latihan Imagery Untuk Mengurangi Nyeri Haid Pada Pembelajaran Penjasorkes di SMK Negeri 4 Klaten
Keywords:
siswa putri, penjasorkes, nyeri haid, imageryAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan pengurangan nyeri haid siswa saat pembelajaran Penjasorkes yang dilakukan di lapangan, sehingga pembelajaran dapat efektif dilakukan dan diikuti seluruh siswa.
Metode yang digunakan adalah menggunakan latihan imagery yang akan mempengaruhi psikologis siswa sehingga rasa nyeri haid berkurang. Metode ini belum digunakan oleh para guru penjasorkes di sekolah. Subyek penelitian siswi kelas X dan XI di SMK Negeri 4 Klaten yang sedang haid saat pembelajaran penjasorkes.
Hasil dari penelitian ini adalah memberikan gambaran efektifitas imagery dalam menurunkan tingkat nyeri haid pada siswi. Hal ini berimplikasi bahwa imagery dapat dijadikan sebagai alternatif terapi yang dapat digunakan oleh. Imagey ini penting diketahui dan dilakukan guru utamanya guru penjasorkes untuk kelancaran pembelajaran.