Pengaruh Latihan Small Sided Games Terhadap Peningkatan Akurasi Passing Pada Siswa SSB Bina Taruna Tambakromo Pati

Authors

  • ibnu fatkhu royana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

small side games, Akurasi passing, passing, sepak bola, latihan

Abstract

Small Sides Games merupakan salah satu bentuk latihan sepak bola yang memungkinkan pemain untuk melakukan lebih banyak passing.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan small sided games terhadap peningkatan akurasi passing siswa SSB Bina Taruna Tambakromo Pati.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SSB Bina Taruna Tambakromo yang berusia 14 tahun dengan jumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 20 siswa. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes mengoper bola rendah yang disusun oleh Subagyo Irianto dalam abdul karim dengan tingkat validitas sebesar 0,653 dan tingkat reabilitas sebesar 0,879. Teknik analisis data menggunakan uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian yang diperoleh nilai t hitung > t tabel (4,74 > 1,73), hasil ini menunjukkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan small sides games terhadap peningkatan akurasi passing siswa SSB Bina Taruna Tambakromo. Berdasarkan perbedaan hasil rata-rata (mean difference) dari pre test dan post test maka dapat diketahui besarnya persentase peningkatan akurasi passing siswa SSB Bina Taruna Tambakromo sebesar 38,61%.

Downloads

Published

2021-12-21