MPAK PEMBANGUNAN INDUSTRI RAMBUT PALSU PADA MINAT MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS REMAJA DESA PAGERANDONG, KEC. KALIGONDANG, KAB. PURBALINGGA)

Authors

  • imam idy pangestu Upgris

Abstract

Dampak Pembangunan Industri Rambut Palsu Pada Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi” (Studi Kasus Remaja Desa Pagerandong, Kec. Kaligondang, Kab. Purbalingga). Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya minat melanjutkan perguruan tinggi dan tingkat pendidikan 5 tahun terakhir khususnya lulusan Perguruan Tinggi mengalami penurunan yang signifikan pada remaja Desa Pagerandong Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga akibat adanya industri rambut palsu.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak pembangunan indutri rambut palsu dibidang pendidikan dan minat melanjutkan pendidikan tinggi pada remaja Desa Pagerandong Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga, serta faktor penyebabnya. Proses analisis dilakukan menggunakan teori faktor yang mempengaruhi minat melanjutkan perguruan tinggi serta dampak positif dan negatif pembangunan industri rambut palsu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu remaja Desa Pagerandong khususnya siswa kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Instrumen pengumpulan data menggunakan Pedoman Wawancara dengan 17 informan.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dampak positif pembangunan industri rambut palsu ialah penyerapan tenaga kerja sehingga tingkat pengangguran menurun. Sedangkan dampak negatif pembangunan industri rambut palsu yaitu lebih tertariknya remaja untuk langsung bekerja dan hilangnya minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi serta ketergantungan pada perusahaan asing.

Kata kunci: Dampak Pembangunan, Minat Pendidikan, Remaja

Downloads

Published

2019-11-21