PENGARUH LATIHAN RINTANGAN JARAK DAN RINTANGAN GAWANG TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA ASPEK PSIKOMOTOR SISWA KELAS VIII SMPN 6 SEMARANG
Keywords:
Rintangan Jarak, Rintangan Gawang, Lompat JauhAbstract
ABSTRAK
Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya modifikasi latihan yang dilakukan dalam proses pembelajaran lompat jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan latihan melompat rintangan jarak dan rintangan gawang. Oleh karena itu peneliti melakukan modifikasi latihan melompat rintangan jarak dan rintangan gawang untuk meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh.
Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pretest posttest design. Masing-masing kelompok yang terdiri dari 32 orang yaitu kelompok 1 (Kelas VIII D) dan kelompok 2 (Kelas VIII E) diberikan tes awal (pretest). Setelah tes awal, kedua kelompok diberikan perlakuan (treatment) berbeda. Kelompok-1 diberikan treatment rintangan gawang dan Kelompok-2 diberikan (treatment) rintangan jarak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t yang diolah dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan uji hipotesis Paired Sample T-Test untuk lompat jauh dengan latihan rintangan gawang, diperoleh hasil nilai Sig.(0.000) < α (0,05) maka H0 ditolak yang berarti ada perbedaan hasil pretest dan posttest latihan rintangan gawang dan rintangan jarak terhadap aspek psikomotorik siswa kelas VIII SMP N 6 Semarang.