PENGARUH LATIHAN RINTANGAN JARAK DAN RINTANGAN GAWANG TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH PADA ASPEK PSIKOMOTOR SISWA KELAS VIII SMPN 6 SEMARANG

Authors

  • Naufal Lukman Himawan Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresna Pati Universitas PGRI Semarang
  • Ibnu Fatkhu Royana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Rintangan Jarak, Rintangan Gawang, Lompat Jauh

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya modifikasi latihan yang dilakukan dalam proses pembelajaran lompat jauh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan latihan melompat rintangan jarak dan rintangan gawang. Oleh karena itu peneliti melakukan modifikasi latihan melompat rintangan jarak dan rintangan gawang untuk meningkatkan hasil pembelajaran lompat jauh.

Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pretest posttest design. Masing-masing kelompok  yang  terdiri  dari  32 orang yaitu kelompok 1 (Kelas VIII D) dan kelompok 2 (Kelas VIII E) diberikan  tes  awal (pretest). Setelah tes awal, kedua kelompok diberikan perlakuan (treatment) berbeda. Kelompok-1 diberikan treatment rintangan gawang dan Kelompok-2 diberikan (treatment) rintangan jarak. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t yang diolah dengan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan uji hipotesis Paired Sample T-Test untuk lompat jauh dengan latihan rintangan gawang, diperoleh hasil nilai Sig.(0.000) < α (0,05) maka  H0 ditolak yang berarti ada perbedaan hasil pretest dan posttest  latihan rintangan gawang  dan rintangan jarak terhadap aspek psikomotorik siswa kelas VIII SMP N 6 Semarang.

Author Biographies

Pandu Kresna Pati, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Ibnu Fatkhu Royana, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

Downloads

Published

2019-11-20