Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mlonggo

Authors

  • Randika Surya Ramadhan

Abstract

Penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan passing bawah dalam olahraga voli pada 36 siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Mlonggo, karena nilai awal mereka di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75. Dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) yang melibatkan praktik langsung, kolaborasi, dan integrasi seni untuk memahami konsep kinematika, ditemukan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan signifikan. Nilai rata-rata mereka naik dari 70,3 menjadi 79, jauh melampaui kelompok kontrol yang hanya naik dari 71 menjadi 75. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan passing bawah, sekaligus meningkatkan aktivitas dan kepercayaan diri siswa.

Downloads

Published

2025-12-18