Efektivitas Pembelajaran TGT untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Sepakbola Siswa Kelas V SD

Authors

  • Bintar Wafiq Alhaqi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan passing siswa kelas V SD Negeri 1 Wedung. Hasil tes awal menunjukkan bahwa hanya 9 dari 24 siswa (37,5%) yang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKTP) dengan skor ≥ 75, sedangkan 15 siswa (62,5%) belum berhasil mencapainya. Kondisi tersebut menegaskan perlunya penerapan strategi pembelajaran yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan permainan Estafet Passing dalam meningkatkan keterampilan passing sepak bola. Metode penelitian menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah 153 siswa SD Negeri 1 Wedung, sedangkan sampel berjumlah 24 siswa kelas V yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa tes keterampilan passing sepak bola, sedangkan analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji-t berpasangan dengan bantuan program SPSS serta Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 72,29 meningkat menjadi 80,83 pada posttest. Uji-t menghasilkan nilai t-hitung sebesar 2,350 lebih besar daripada t-tabel 1,583 dengan taraf signifikansi 0,001 < 0,05. Hal ini membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dengan demikian, penerapan model TGT yang dipadukan dengan Estafet Passing terbukti efektif

Downloads

Published

2025-12-18