EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGFU DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan mengkaji keefektifan dari model Teaching Games for Understanding
(TGFU) untuk meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli siswa kelas V di SDN 02 Prawoto,
Sukolilo, Pati. Metode yang dipergunakan yaitu eksperimen melalui desain one group pretest-posttest, dengan
keterlibatan 30 siswa selaku subjek. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes keterampilan passing bawah
yang disampaikan sebelum serta setelah diterapkan model TGFU. Analisis data dilaksanakan melalui uji t guna
memahami perbedaan hasil diantara pretest dengan posttest. Hasil yang didapat menjelaskan terdapatnya
peningkatan signifikan pada kemampuan passing bawah sesudah diterapkan pendekatan TGFU. Temuan ini
mengonfirmasi bahwasanya model TGFU efektif dalam mengembangkan keterampilan dasar bola voli, serta
layak diimplementasikan untuk menjadi alternatif strategi pembelajaran pendidikan jasmani di tingkatan
sekolah dasar karena mampu mengintegrasikan pemahaman konsep permainan dan penguasaan keterampilan
secara holistik.