Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Roll Depan Siswa Kelas VIII SMP N 2 Pati

Renaldy Widhi Anggara

Authors

  • Renaldy Widhi Anggara

Abstract

Penelitian Renaldy Widhi Anggara fokus pada peningkatan keterampilan berguling depan siswa kelas VIII SMP N 2 Pati melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini mengidentifikasi hasil yang kurang optimal dalam senam lantai, khususnya pada gerakan berguling ke depan, dan menghubungkannya dengan pembelajaran dikelas.Metode tradisional melibatkan penjelasan materi dan demonstrasi terbatas, sehingga menyebabkan ketidaktertarikan siswa karena kurangnya penjelasan teknis yang rinci.Tujuan penelitian mengevaluasi apakah menerapkan pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah memiliki dampak pada hasil pembelajaran gerak berguling depan yang berbeda. Penelitian pendekatan kuantitatif, desain eksperimen semu yang menggunakan desain kelompok nonekuivalen dan teknik pengambilan sampel probabilitas. Analisis statistik dengan menggunakan SPSS 25 menunjukkan bahwa hasil belajar berbeda secara signifikan pasca perlakuan pada kelompok yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (kelas VIII A). Kesimpulannya terdapat peningkatan hasil belajar gerak berguling ke depan sebesar 15,8% dengan diterapkannya model Problem Based Learning. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Masalah memberikan efek positif terhadap pencapaian hasil belajar dalam keterampilan gerak berguling ke depan.

Downloads

Published

2025-12-19