NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERITA FABEL KEJUJURAN & ANTIKORUPSI KARYA PERTIWI DAN UTAMI PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI TEKS FABEL MENGGUNAKAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI SMP

Authors

  • Adinda Erdiana

Keywords:

nilai pendidikan karakter, strategi pembelajaran contextual teaching and learning ABSTRACK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran dan Antikorupsi karya Pertiwi dan Utami serta mendeskripsikan langkah-langkah strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran mengidentifikasi teks fabel bermuatan nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran dan Antikorupsi karya Pertiwi dan Utami. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah penggalan cerita yang merujuk pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel yang berjudul Kejujuran dan Antikorupsi karya Pertiwi dan Utami. Data diperoleh dengan menggunakan teknik analisis konten, observasi, dan wawancara. Teknik analisis konten digunakan untuk mengumpulkan data terkait nilai-nilai pendidikan karakter sedangkan obsrvasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui fakta dan memperoleh informasi mengenai srategi pembelajaran pada teks fabel. Hasil penelitian dari nilai pendidikan karakter dalam kumpulan cerita fabel Kejujuran dan Antikorupsi menunjukkan bahwa telah ditemukan 13 nilai pendidikan karakter dalam cerita tersebut dan selanjutnya dapat digunakan untuk mengedukasi peserta didik dalam pembelejaran mengidentifikasi teks fabel bermuatan pendidikan karakter dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL). 

Downloads

Published

2021-01-05