PENERAPAN MEDIA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP 2 KENDAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
penerapan, media video iklan layanan masyarakat, pembelajaran menulis teks persuasi.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil keterampilan menulis teks persuasi yang cukup rendah atau dibawah rata-rata 80 pada peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal, disebabkan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dan masih bersifat satu arah. Melihat kondisi tersebut, perlu diupayakan penggunaan media pembelajaran tertentu untuk menumbuhkan motivasi peserta didik dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kendal. Salah satunya dengan penerapan media video iklan layanan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media video iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal tahun pelajaran 2018/2019? Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media video iklan layanan masyarakat dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal tahun pelajaran 2018/2019. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan nontes yaitu berupa tes membuat teks persuasi dan lembar observasi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP 2 Kendal Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas VIII I yang berjumlah 32 peserta didik sebagai kelas untuk penelitian. Data penelitian ini adalah nilai peserta didik menulis teks persuasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi memperoleh nilai dengan kategori baik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik dalam menulis teks persuasi yaitu 85,15. Nilai tersebut melampaui KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 80. Berdasarkan hal tersebut, maka media iklan layanan masyarakat dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Kendal. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru harus dapat memilih dan memberikan variasivariasi media pembelajaran yang tepat dan sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, salah satunya adalah media video iklan layanan masyarakat.