NILAI-BILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA PADA PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XII DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Guru Aini karya Andrea Hirata dan relevansinya pada pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Data dalam penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraf dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Sumber data penelitian ini adalah novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis teks. Berdasarkan penelitian, terdapat sembilan belas nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Sembilan belas nilai tersebut adalah religius, jujur, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, percaya diri, mandiri, ingin tahu, cinta ilmu, sadar diri, respek, santun, demokratis, nasionalis, cerdas, suka menolong, tangguh, berani mengambil risiko, berorientasi tindakan.