KEEFEKTIFAN METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK N 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Setia Hidayati

Keywords:

Keefektifan , Metode Role Playing, dan Teks Negosiasi.

Abstract

Setia Hidayati . Keefektifan Metode Role Playing Division Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi pada Peserta Didik Kelas X SMK N 11 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Drs. Siswanto PHM, M.Pd., dan Pembimbing II Dr. Ika Septiana, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi pesrta didik kurang tertarik dalam menulis teks negosiasi sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang baru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan metode role playing dalam pembelajaran menulis teks negosiasi pada pesrta didik kelas X SMK N 11 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode role playing diberikan kelas eksprimen dan kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK N 11 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi penlitian seluruh siswa kelas X SMK N 11 Semarang, sedangkan sampelnya adalah kelas X MM 1 sebagai kelas eksperimen kelas X MM 4(multimedia) sebagai kelas kontol X MM 2 yang ditentukan scara acak bersasarkan kelas atau kelompok yang sudah ada di sekolah. Data populasi sampel yang diperoleh di uji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes terdiri atas angket dan observasi.Tahap analisis terakhir adalah uji hipotesis yang dibuktikan dengan uji t . Uji hipotesis untuk membuktikan hipotesis yang diajukan diawal dalam menjawab rumusan masalah. Tahap akhir pada perhitungan uji homogenitas kelas kontol dengan rata-rata 56,12 dan kelas eksperimen 76,26.

Downloads

Published

2020-12-03