PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETRAMPILAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK CUT NYA DIEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
Model Problem Based Learning, Menulis, PuisiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan peserta didik terlihat dari hasil kerja peserta didik dalam menulis puisi tidak menggunakan diksi yang tepat dan rima. Model pembelajaran yang kurang menarik, dan anggapan peserta didik tentang menulis itu sulit dalam pengolahan kata untuk dirangkai menjadi kata-kata yang menarik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Metode pendekatan kualitatif, yang berupa deskripsi narasi bukan angka-angka. Hasil penerapan model problem based learning dalam menulis puisi menggunakan model problem based learning pada peserta didik kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang tahun pelajaran 2018/2019 dapat dikatakan berhasil. Hal tersebut dibuktikan dengan proses pembelajaran yang kooperatif antara guru dengan peserta didik maupun antar peserta didik. Selain itu, proses pembelajaran yang tidak monoton membuat peserta didik merasa lebih senang dan terbantu dengan penggunaan model problem based learning dalam menulis teks puisi. Sementara, hasil tes diperoleh data nilai tertinggi 80, nilai terendah 40, dan nilai rata-ratanya adalah 72,44 dalam kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang.