PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI CERITA FABEL PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 GEMBONG TAHUN AJARAN 2019/2020
Keywords:
Penerapan model Problem Basic Learning , menceritakan kembali isi cerita fableAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi peserta didik masih kesulitan berbicara tentang mengenai kata diksi, struktur teks cerita moral fabel serta guru belum menggunakan model Problem Basic Learning dengan menggunakan media ceramah. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana penerapan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gembong tahun ajaran 2019/2020 ?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning (PBL) dalam pembelajaran menceritakan kembali isi cerita fabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gembong tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang penelitian ini berupa nilai-nilai yang diperoleh peserta didik dalam menceritakan kembali isi cerita fabel, sedangkan sumber data penelitian ini yaitu guru dan peserta didik. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif yaitu mendeskripsikan penerapan model Problem Basic Learning dalam pembelajaran menceritakan kembali cerita fabel peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gembong tahun ajaran 2019/2020.