PEMANFAATAN LAYAR SENTUH OLEH GENERASI Z DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Keywords:
pemanfaatan layar sentuh; generasi z; pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Pembelajaran sekarang ini akan menjadi sulit untuk menjadi pembelajaran yang mutakhir dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi apabila hanya mengandalkan buku paket atau guru sebagai satu-satunya sumber pembelajaran. Tujuan tulisan ini adalah mendeskripsikan pemanfaatan layar sentuh oleh generasi z dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Generasi z memiliki kebebasan belajar dengan memanfaatakan layar sentuh dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan penggunaan layar sentuh, generasi z dapat mengeksplor kemampuan yang dimiliki dengan menjelajahi segala informasi yang akan dicari. Selain itu juga dapat meningkatkan eksistensi dirinya melalui dunia maya di sosial media. Hal-hal baru atau informasi baru dapat diperoleh secara cepat dengan memanfaatkan teknologi digital yang tersambung dengan jaringan internet. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan layar sentuh, generasi z dapat membuat kalimat Bahasa Indonesia, melakukan editing teks atau naskah, menggunggah karya atau tulisan, membuat komentar dengan Bahasa Indonesia yang benar dan baik, dan mencari kebenaran informasi yang diperoleh dengan memanfaatkan jaringan internet.