KETERAMPILAN MENULIS TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MEDIA KARIKATUR SEBUAH ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN DI SMA
Abstract
Penelitian ini menggunakan model media karikatur. Peneliti mengkaji pentingnya ketrampilan menulis teks anekdot menggunakan media karikatur sebuah alternatif model pembelajaran di SMA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan menulis teks anekdot menggunakan media karikatur dapat dijadikan sebuah alternatif model pembelajaran di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks anekdot menggunakan media karikatur dijadikan sebuah alternatif model pembelajaran di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data nontes. Langkah yang digunakan dalam teknik kuantitatif adalah observasi, jurnal, dan wawancara. Dari analisis akhir yang dilakukan, ditemukan ketrampilan menulis teks anekdot menggunakan media karikatur dapat dijadikan penerapan berpikir kritis dalam pembelajaran menulis berorientasi sense of humor yang dapat menjadikan siswa menjadi antusias ketika dilaksanakan di setiap aspek pembelajaran. Wujud berpikir kritis dalam teks anekdot adalah bahasa tulisan berupa karangan yang lahir dari penerapan berpikir kritis (persepsi, logika, bahasa, dan pemecahan masalah). Hal ini menunjukkan bahwa menulis anekdot berorientasi sense of humor kelas eksperimen dikriteriakan baik.