KOHESI DAN KOHERENSI DALAM TEKS EKSPLANASI KARYA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG BLORA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik terhadap kohesi dan koherensi. Adanya masalah tersebut, diperlukannya penelitian terkait kohesi dan koherensi dalam teks eksplanasi karya peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana kohesi dan koherensi dalam teks eksplanasi karya peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kohesi dan koherensi dalam teks eksplanasi karya peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif metode deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik simak dan catat. Langkah-langkah penelitian adalah menggolongkan jenis kohesi dan koherensi, klasifikasi kohesi dan koherensi setelah itu mendeskripsikan jenis kohesi dan koherensi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 2 kohesi dan 2 koherensi yang terdapat dalam teks eksplanasi karya peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Randublatung Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun kohesi dan koherensi yang ditemukan adalah: 1) Kohesi gramatikal yang meliputi penyulihan (subtitusi), pelepasan (elipsis), perangkaian/kata hubung (konjungsi). 2) Kohesi leksikal yang meliputi repetisi (pengulangan), kolokasi (sanding kata), hiponimi (hubungan atas-bawah). 3) Koherensi berpenanda meliputi koherensi kausalitas, koherensi temporal. 4) Koherensi tidak berpenanda meliputi koherensi perincian. Saran yang ingin diberikan kepada pembaca dan peserta didik yaitu memperbanyak membaca dan memahami terkait kohesi dan koherensi, hal ini karena jika tidak sering memahami, akan kesulitan membedakan kohesi dan koherensi.