PENERAPAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING MELALUIPENGIMAJIAN BENDA DALAM PEMBELAJARAN DARING MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 PEMALANG TAHUN AJARAN 2020/2021
Abstract
Peserta didik seringkali mengalami kesulitan dalam menuntukan ide dan mengembangkan imajinya menjadi sebuah puisi. Hal ini menjadi alasan lain dilakukannya penelitian penerapan model experiental learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model experiental learning melalui pengimajian benda dalam pembelajaran daring menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2020/2021. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil menulis puisi peserta didik menggunakan model experiental learning melalui pengimajian benda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan penerapan model experiental learning melalui pengimajian benda dalam pembelajaran daring menulis puisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Hasil teknik tes berupa hasil menulis puisi peserta didik, sedangkan teknik nontes ialah angket dan observasi yang berisi tentang respon peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring menulis puisi. Hasil analisis data membuktikan bahwa penerapan model experiental learning dapat diterapkan, hal ini dibuktikan peserta didik dapat menulis puisi dengan mengembangkan imajinasinya melalui pengimajian benda dan pengalamannya, dengan demikian peserta didik dapat memperoleh nilai rata-rata 84 yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75.