ANALISIS KESALAHAN EJAAN DALAM SURAT DINAS KARYA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Masalah yang dikaji dalam artikel penelitian ini adalah membahas tentang kesalahan ejaan dan memiliki bentuk bentuk kesalahan ejaan yang dalam surat dinas karya peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan ejaan bahasa Indonesia pada surat dinas di kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada surat dinas karya peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil 22 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Semarang. Adapun pengambilan data tersebut menggunakan teknik sampling secara acak dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 41 jumlah kesalahan yang terdiri dari kesalahan prnggunaan huruf kapital sebanyak 6 kesalahan (15%), kesalahan penulisan huruf pertama nama gelar 2 kesalahan (5%), kesalahan penulisan huruf pertama nama tahun 3 kesalahan (7,5%), kesalahan huruf pertama nama tempat 4 kesalahan (10%),kesalahan penulisan nama panggilan orang 4 kesalahan (10%), kesalahan penulisan huruf pertama sebagai kata ganti atau sapaan 3 kesalahan (7,5%), kesalahan penulisan dan penggunaan kata di, ke dan dari 4 kesalahan (10%), kesalahan penulisan kata dasar/kata bentuk 4 kesalahan (10%), kesalahan penulisan tanda titik ada 4 kesalahan (10%), serta kesalahan penulisan tanda koma ada 7 kesalahan (17,5%).