FAKTA CERITA PADA KUMPULAN CERPEN CORAT-CORET DI TOILET KARYA EKA KURNIAWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fakta cerita yang terdapat pada kumpulan cerpen Corat-Coret di Toilet karya Eka Kurniawan dan mendeskripsikan implikasi fakta cerita yang terdapat pada kumpulan cerpen Corat-Coret di Toilet karya Eka Kurniawan di SMA sebagai pembelajaran sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (a) karakter terbagi menjadi konteks pertama dan konteks kedua, (b) alur terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian awal (pemaparan), bagian tengah (konflik dan klimaks), bagian akhir (penyelesaian), (c) unsur latar antara lain, latar tempat atau lingkungan dan latar waktu. Implikasi pembelajaran sastra sesuai dengan Kompetensi Dasar 3.9 menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek.