PENGGUNAAN KALIMAT EFEKTIF PADA KARYA TULIS PEMELAJAR BIPA DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN 2020

Authors

  • Raden Yusuf Sidiq Budiawan Universitas PGRI Semarang
  • Sinta Putrika Sari Universitas PGRI Semarang

Abstract

Keterampilan berbahasa terdiri dari berbicara, menyimak, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis memiliki tingkat kerumitan yang paling tinggi di antara keterampilan yang lain. Kesalahan menulis menggunakan kalimat yang efektif tentu akan menimbulkan kesalahpahaman hingga kejemuan sebab susah untuk dimengerti ketika dibaca. Kesalahan berbahasa tulis tidak sedikit dapat dijumpai pada penutur asli bahasa Indonesia. Penutur asli saja melakukan kesalahan, apalagi penutur asing, yang datang dari latar belakang negara yang berbeda pula. Penelitian ini mengangkat permasalahan kalimat pada karya tulis mahasiswa BIPA yang kurang efektif sebab hal ini menimbulkan ketidakefisienan dalam pemahaman pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan kalimat efektif pada mahasiswa BIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik simak dan catat pada kartu data digunakan dalam penelitian ini yang kemudian dilanjutkan klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat pada karya tulis Mahasiswa BIPA UPGRIS 2019/2020 mengalami masalah pada ciri kalimat efektif (1) kehematan, (2) ketepatan, (3) kejelasan, (4) kelugasan, dan (5) kesejajaran.

Downloads

Published

2022-02-22