KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS MEDIA ZOOM PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 34 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Dilla Zulfani Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pembelajaran daring, menulis, teks prosedur, Zoom

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan pembelajaran daring menulis teks prosedur berbasis media Zoom pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 34 Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental yang berfokus pada posstest only control design dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling dengan populasi penelitian seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri Semarang, sedangkan sampelnya adalah peserta didik kelas VII A dan VII C. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. perhitungan hasil uji statistik F dapat dilihat F hitung sebesar 32,515 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,001. Berdasarkan tabel tersebut (uji-t) maka Variabel pembelajaran daring zoom memperoleh nilai beta 0,226 ke arah positif dengan tingkat signifikansi 0,230 > 0,05 maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa secara aktif variabel pembelajaran daring Zoom positif dan signifikan terhadap keaktifan. Saran, lebih memahami karakteristik siswa supaya mengetahui metode atau konsep apa saja yang sekiranya efektif untu melakukan peraktik belajar mengajar. Berani juga melakukan terobosan baru untuk eksplor metode yang efektif untuk pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-28