PENERAPAN MEDIA PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS YATPI GODONG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Nur Ainul Qonaah Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wismanto Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang

Keywords:

peta konsep, menulis, teks eksplanasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan media pete konsep dalam pembelajaran daring menulis teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII MTs Yatpi Godong tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu bentuk tes dan nontes. Teknik tes berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil presentase dapat diketahui bahwa data kemampuan menulis teks eksplanasi yang berjumlah 25 peserta didik, tidak ada peserta didik yang mendapat nilai pada interval <65, yang termasuk kategori kurang. Pada interval 65-74 dengan presentase 4% yang termasuk kategori cukup ada 1 peserta didik. Nilai interval 75-85 termasuk pada kategori baik dengan presentase 40% ada 10 peserta didik. Kategori baik dengan presentase 40% ada 10 peserta didik. Kategori sangat baik yaitu nilai dengan interval 85-100 dengan presentase 56% ada 14 peserta didik. Nilai rata- rata pembelajaran menulis teks eksplanasi 83,2. Nilai tersebut telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 65. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media peta konsep dapat diterapkan dalam pembelajaran daring menulis teks eksplanasi pada kelas VIII MTs Yatpi Godong tahun pelajaran 2021/2022. Saran penulis adalah pendidik dapat memilih media pembelajaran yang sesuai dan menarik dengan materi yang diajarkan agar proses pembelajaran menjadi aktif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal.

Downloads

Published

2022-12-28