PENERAPAN PODCAST DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 JUMAPOLO KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi keterampilan berbahasa yang masih rendah pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jumapolo, khususnya pada keterampilan menulis teks deskripsi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan podcast dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jumapolo, Karanganyar Tahun Pelajaran 2020/2021? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah penerapan podcast dalam pembelajaran menulis teks deskripsi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Jumapolo Karanganyar tahun pelajaran 2020/2021, hasil tes, observasi, wawancara, dan angket, serta data lain sebagai pendukung berupa hasil nilai peserta didik menulis teks deskripsi menggunakan podcast. Hasil penerapan podcast dalam pembelajaran menulis teks deskripsi, yaitu diperoleh nilai rata-rata seluruh peserta didik sebesar 74. Dengan demikian, nilai peserta didik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan podcast tidak mencapai KKM yang telah di tentukan SMP Negeri 1 Jumapolo yaitu nilai 75. Saran dalam penelitian ini adalah guru perlu memilih dan memberikan sarana atau model pembelajaran yang kreatif dan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Peserta didik harus lebih memperhatikan pembelajaran dan meningkatkan proses pembelajaran.