KEEFEKTIFAN MODEL TAKE AND GIVE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS IX MTS AL HAMIDAH KRADENAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
take and give, menulis cerpenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Take and Give dalam pembelajaran menulis cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Al Hamidah Kradenan tahun pelajaran 2022/2023 dan mendeskripsi keefektifan model Take and Give dalam pembelajaran menulis cerpen pada peserta didik kelas IX MTs Al Hamidah Kradenan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental yang berfokus pada posstest only control design dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dengan populasi penelitian seluruh peserta didik didik Kelas IX MTs AL Hamidah Kradenan. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Pada pengujian hasil nilai menulis cerpen kelas eksperimen dan kelas control meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji normalitas menunjukkan data yang dihasilkan terdistribusi normal dengan Sig. 0.058 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Sig. 0.177. Pada uji homogenitas menunjukkan data yang dihasilkan dari rata-rata kelas eksperimen dan nilai kelas kontrol dinyatakan Homogen dengan nilai Sig. (2-tailed) 0.002. Uji terakhir dalam serangkaian uji analisis data adalah uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t tes dengan nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Saran, lebih memahami karakteristik siswa, agar tahu metode atau konsep apa saja yang sekiranya efektif untu melakukan peraktik belajar mengajar. Berani juga melakukan terobosan baru untuk eksplor metode yang efektif untuk pembelajaran.