PENERAPAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 16 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Tri Agustin Universitas PGRI Semarang
  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
  • Azzah Nayla Universitas PGRI Semarang

Keywords:

YouTube, menulis teks persuasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan menulis teks persuasi yang masih rendah serta pembelajaran yang dipandang membosankan pada peserta didik kelas VIII D SMPN 16 Pekalongan. Melihat kondisi seperti itu, perlu diupayakan penerapan media pembelajaran yang tepat sehingga memudahkan peserta didik dalam menuangkan ide, gagasan, dan perasaan mereka khususnya dalam menulis teks persuasi. Media pembelajaran yang digunakan adalah media YouTube. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media YouTube pada pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik SMPN 16 Pekalongan tahun ajaran 2021/2022. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media YouTube dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII SMPN 16 Pekalongan tahun ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil dari penelitian ini yaitu media YouTube dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII D SMPN 16 Pekalongan tahun ajaran 2021/2022. Hasil tersebut dapat dibuktikan melalui nilai rata-rata peserta didik yang mencapai 83, sedangkan nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 75. Dalam proses pembelajaran, guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tahapannya mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

Downloads

Published

2022-12-28