KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENELAAH UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 TOROH TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Hanif Najiba Universitas PGRI Semarang
  • Arisul Ulumuddin Universitas PGRI Semarang
  • Icuk Prayogi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat keefektifan dari digunakannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam menelaah unsur pembangun teks puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yaitu melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa pretest-posttest, dokumentasi serta observasi. Sampel yang didapat dari penelitian ini berasal dari teknik pengambilan sampel random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 64 peserta didik yang terbagi menjadi 32 peserta didik kelas eksperimen dan 32 peserta didik kelas kontrol. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas dengan uji parsial T, dan uji N-Gain.Hasil penelitian ini adalah hipotesis diterima dengan hasil perhitungan uji hipotesis mendapat nilai sig = 0,000 < taraf sig 5%. Uji N-Gain untuk melihat keefektifan mendapat hasil 77,6% untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran NHT, artinya model tersebut efektif. Sementara itu, kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional mendapat hasil uji N-Gain 37,2% artinya model tersebut tidak efektif.

Downloads

Published

2022-12-28